Tempat Billiard di Semarang

Setelah sebelumnya pernah membuat review mengenai Tempat Billiard di Jakarta dan sekitarnya, kayaknya gak afdol kalau gue belum membuat review tentang tempat billiard di Hometown gue sendiri. Jadi, dalam kesempatan ini, gue bakal share beberapa pool house di Semarang, yang setahu gue masih buka.

Kok malah baru sekarang share tempat billiard di rumah sendiri..??!
Terus.. Yang Masih buka..? Maksudnya..?!

Iya, emang gitu. Jadi gini, dulu saat gue tumbuh besar, tempat billiard di Semarang itu berceceran dimana-mana kayak dedaunan kering di musim kemarau. Dan tempatnya pun, hampir semua bisa dibilang sangat representatif. Tapi gak tahu kenapa, satu demi satu mereka bertumbangan. Kalah bersaing memperebutkan pasar penikmat billiard, yang menurut pengamatan gue, memang makin menurun di Kota Lumpia ini.


Padahal dulu, medio Tahun 2003-2007, bisa dibilang Billiard adalah entertainment yang paling menyedot crowd dan rupiah. Wajar dong, kemudian banyak pool house baru bermunculan selama periode itu. Tapi gak tahu kenapa, setelah itu popularitas billiard menurun. Mungkin lebih tepatnya, orang yang cuma iseng main billliard, udah gak main billiard lagi. Gak tahu dah mereka ganti main apaan.

BolApp - Liga 1 Indonesia


Jadilah, market yang tersisa tinggal segelintir manusia yang memang pool hustler (Penggiat Billiard). Penawaran berlimpah, permintaan menurun. Ujungnya bisa ditebak, banyak pool house yang gulung tikar. Berikut beberapa diantaranya yang masih nyangkut di otak gue :
  • Kingdom di Giant (dulu Hero) Puri Anjasmoro.
    Sebuah nama besar pada medio 2003-2006. Rutin menggelar Turnamen mingguan dan bulanan, serta tempat kumpul para cuancia. Tapi, seiring mobilisasi besar-besaran warga yang tinggal di daerah pantai ke daerah Semarang atas gara-gara gak betah banjir, lama-lama Kingdom jadi sepi pengunjung dan berakhir dengan mengenaskan.
  • E-Pool di E-Plasa, Simpang Lima.
    Salah satu pool house dengan kategori high-end. Full of class. Pelayanan maksimal, fasilitas mewah. Tapi karena omset dari billiard yang kayaknya terus menurun, manajemen E-Plasa memutuskan menutupnya dan mengalihfungsikan space menjadi Lounge dan diskotik.
  • Planet Billiard di Java Supermall.
    Kalau yang satu ini sudah ketebak bakal gugur. Di akhir-akhir masa hidupnya, pelayanannya parah dan maintenance sarana buruk. Alhasil Planet ditinggal pelanggan. Padahal dulu di tahun 2000-an awal, tempat ini adalah yang terdepan.
  • Astro Cafe, Bowling, & Billiard di Java Supermall.
    Aneh sih, tapi emang, dulu ada 2 pool house di satu mall. Luar biasa memang. Astro lebih dulu beroperasi dibanding Planet. Selain billiard, disini ada juga Bowling, karaoke, dan Lounge. Tapi ya gitu, udah almarhum semua sekarang.
  • Bleu Pool & Lounge di Jl.Gajah Mada.
    Dari awal berdirinya emang kurang ramai. Wajar kalau kemudian mati perlahan-lahan. Padahal tempatnya lumayan cozy.
  • Point Pool di CBD Tanah Mas.
    Dulu sih rame banget, tempatnya asyik. Gak tau kenapa bisa bangkrut. Sekarang malah berubah jadi tempat karaoke dan lounge.
  • Majapahit Billiard di Jl.Majapahit.
    Tempat ini famous banget di kalangan pool hustler kelas mid-end. Meja bagus, harga murah, dan banyak rupiah berputar. you know what i mean, right?! :D. Sempat pindah ke Tlogosari, dan berhasil bertahan lebih dari setahun di sana. Tapi, yang terakhir gue denger, sekarang lagi vakum karena tidak ada kesepakatan masalah sewa dengan pemilik gedung.
  • Jack Ball di Ngaliyan, Permata Billiard di Tanah Mas, Holy Billiard di Jl.Majapahit, De Rama Billiard di Ramayana.
    Tempat-tempat ini adalah contoh ketika sebuah usaha hanya mengandalkan modal tapi tidak dijalankan dengan maksimal. Desain interior yang tanggung, meja yang kurang maksimal, pelayanan kurang menyenangkan, dan promosi yang nyaris tidak ada. Hasilnya?! Gulung tikar saudara-saudara..
Dengan gugurnya nama-nama di atas, jadilah sekarang cuma tinggal sedikit pool house yang masih bertahan di Semarang. Sayang memang, tapi mau bagaimana lagi, atmosfernya memang sudah beda. Frekuensi Turnamen dan Event lainnya terkait billiard juga tidak sebanyak dulu.

Begitulah. Nasi sudah menjadi bubur. Tinggal dikasih kuah sama potongan daging, jadilah Bubur Ayam.


Sekarang, inilah yang tersisa....

Side Pocket Pool & Cafe
Pasaraya Sri Ratu Lt.4
Jl. MT.Haryono No.922-924, Peterongan


The best of the rest. Side Pocket adalah pool house terdepan di Semarang. Berdiri tahun 2004, Side Pocket tetap bertahan di tengah gempuran para pesaing. Sempat beberapa kali berpindah lokasi, mulai di Jl.Depok saat awal pembukaan, pindah ke Gedung Ramayana Simpang Lima (sekarang Ace Hardware), sampai terakhir di tempat yang sekarang.

Ada sekitar 30 meja di tempat ini, dengan kualitas yang relatif. Kok relatif..?!. Iya, Side Pocket adalah salah satu pool house yang concern sama yang namanya maintenance. Secara periodik, mereka mengganti semua laken meja kalau dirasa udah jelek. Jadi ya relatif kan, kalau kalian kesana pas baru diganti, ya enyaaaak....  :p . Banyak komunitas pool hustler di Semarang mangkal disini. Jadi, gak sulit kalau mau cari lawan tanding. Di tempat ini juga rutin diselenggarakan turnamen berbagai kelas, bahkan juga kelas open, dan event-event menarik lainnya. Tapi belakangan ini, stik lokasinya gak pernah "diremajakan". Buat yang punya cue sendiri, gak jadi masalah siih..  :p

Mau tahu rahasia di balik kemapanan Side Pocket?! Ya, pool house ini adalah milik Tutuk Kurniawan, bos perusahaan taksi terbesar di Semarang, Atlas Taxi. Beliau juga Ketua Umum PB.POBSI (pusat), dan terakhir dipercaya juga sebagai Ketua Umum KONI Jawa Tengah. Uwoow..


Tung de Blang Pool & Resto
Jl.Sultan Agung No.107, Gajahmungkur (Dekat Akpol)

Tung de Blang juga satu dari sedikit nama yang sudah lama bertahan. Dengan konsep yang berkesan "rumahan", tempat ini dijamin cozy banget. Kekurangannya satu sih, meja yang tersedia gak terlalu banyak, cuma 17 meja ditambah 2 meja di ruangan VIP (private). Jadi, kalau datang malam, siap-siap aja masuk waiting list. :p

Ci-Pool Billiard
Jl. Pattimura No.7 A (Dekat Stadion Citarum)


Kalau ini tempat yang cocok buat kalian yang emang bener-bener "pemain". Ada sekitar 20 meja disini, dengan kualitas bagus, dan tata ruang yang lumayan cozy. Tapi ya, kalau niat kalian cuma iseng sambil cuci mata, jangan disini deh. Kurang "wah" "pemandangannya" :p

Tapi kalau soal atmosfer billiard, disini oke banget. Banyak pool hustler disini, mulai dari yang pemula, amatir, sampai yang handicaped. Cocok banget buat yang mau cari lawan sparring dan nambah kenalan sesama pool hustler. Turnamen berbagai kelas juga rutin diadakan disini. Recommended daah..!!

X-Pool Cafe, Lounge & Karaoke
Jl.Kelud Raya No.17-19 (Daerah Sampangan)

One Stop Entertainment. Cafe, Lounge, Karaoke, dan tentu saja Favorit kita semua, billiard. Tempatnya cozy, mejanya cukup banyak dan kualitasnya bagus. Recommended buat main di siang hari.

Kok cuma siang?! Ya, kan one stop entertainment. Kalau main malam disini, siap-siap aja terganggu dengan suara live music dan crowd dari Lounge, yang memang tidak bersekat dengan area pool-nya. Kalau gue sih gak nyaman main dengan kondisi seperti itu. Terlalu berisik. Kalau kalian suka sih, silahkan aja datang malam...  :)


9-Feet Billiard
Jl.Pamularsih Raya (Nomornya gue gak tahu.. :p)

Gue gak bisa ngomong banyak sih soal yang satu ini. Udah lama banget gue gak main disini. Terakhir Tahun 2006 kalau gak salah. Hahahaha.... :D  Dulu sih tempatnya asyik. Gak tahu kalau sekarang. Yang jelas, dari kabar yang gue denger, tempat ini masih buka sampai sekarang. Silahkan coba kalau berkenan... :)


Rendezvous
Jl. Jagalan No.40, Semarang Tengah


Gue juga gak bisa ngomong banyak soal yang ini. Ajaib, gue belum pernah main disini. Tapi dari berbagai review dari kenalan gue, tempatnya asyik.  Ada sekitar 15 Meja disini. Itu aja yang gue tahu. Hehehe..  :p


Jadi itulah tempat-tempat billiard yang sekarang masih bertahan di Semarang. Gak banyak, tapi yang tersisa kualitasnya masih terjaga. It's not always about quantity, but quality, right..?!

Semoga berguna buat kalian yang mau wisata pool-iner di Semarang.
Live The Game...!!

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

11 komentar:

  1. sekarang ada yang baru KL Pool n Cafe hehe diupdate sekalian...

    BalasHapus
  2. Dimana itu mas..??
    Kebetulan akhir bulan pulang Semarang, bisa mampir nyobain..
    hehehe...

    BalasHapus
  3. udah lama gak maen bilyar jadi pengen. ngomong-ngomong sekarang tarifnya berapa ya mas? kalo tau tolong di share ya. trims.

    BalasHapus
  4. Masih sekitar 20 ribuan sih kalo di Semarang.
    Tapi persisnya kurang tahu mas..
    Soalnya udah gak menetap di Semarang..
    Cuma pulang pas nengokin si mbok...

    BalasHapus
  5. Di KL-POOL 24.000/jam

    BalasHapus
  6. kl.. yang jual stik billiard di smrg mana ya?? toko mksdte..

    BalasHapus
  7. Kalo toko yang lengkap kayaknya gak ada mas..
    Kalo gak di pool house, Paling di seller seller eceran aja...

    BalasHapus
  8. ada yang baru buka di daerah tembalang namanya one cue pool, dekat pintu tol

    BalasHapus
  9. Mau nanya .kalau mau sekolah billiard d smg tempatnya dmn ya .n tarifnya brp .tlong d bantu ksih tau ya .mks .hehe

    BalasHapus
  10. http://olx.co.id/iklan/kursus-les-billiar-2016-jakarta-depok-IDk6YWv.html

    BalasHapus