Indiependent Go...!!


Indiependent. Apa yang ada di pikiran kalian mendengar kata itu?
Mari kita lihat di kamus. Kalian tidak akan menemukan kata indiependent disana, melainkan independent, yang berarti merdeka/sendiri/yang berdiri sendiri/yang berjiwa bebas. Ya, itulah asal kata dari indiependent.

Indiependent, sesuai dengan artinya “berdiri sendiri”, berakar pada apa yang disebut konsep D.I.Y (do it yourself). Apapun itu, biasanya berkaitan dengan Youth Culture seperti Musik, Film atau artwork lain, semisal fotografi, desain grafis, juga tulisan. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengapresiasikan diri kita, sesuai apa yang kita suka, secara mandiri (independent), tanpa terpengaruh mainstream (arus utama/tren).

Munafik juga kalau ada yang mengaku sama sekali tidak mengikuti mainstream. Meski sedikit, tanpa kita sadari, pasti ada bagian dari diri kita yang terpengaruh mainstream. Tidak masalah. Yang terpenting, bagaimana kita mampu eksis pada apa yang kita sukai, melakukan semuanya sendiri, dan semua itu cuma demi kepuasan pribadi, dan tentu saja, demi pencapaian ambisi kita, apapun itu!!

Indie tidak sebatas musik..
Tapi juga artwork lain..

Terkadang, orang terlalu sempit mengartikan Indiependent cuma melulu soal musik. Padahal, musik cuma sebagian kecil. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa mencakup artwork lain, seperti film, desain grafis, fotografi atau tulisan dalam segala jenis media.

Jadi, mengapa kalian tidak mulai mencoba membuat sesuatu yang kalian suka? Entah itu musik, atau artwork lain, semisal Grafis. tak perlu berpikir terlalu banyak, yang penting lakukanlah dulu. Segala sesuatu itu hanya susah ketika memulainya, sobat. Selanjutnya, just go with the flow. 

Sudah banyak contoh mereka yang telah melambung bermula dari proyek iseng di kamar dan berakhir dengan disukai orang banyak. Kalian tahu Hellogoodbye? Sebuah band synth/power-pop asal California. Semuanya bermula dari proyek iseng Forrest Kline yang gemar membuat lagu, tapi pada awalnya, tidak melakukan apapun setelah itu. “Saya memulainya dengan merekam musik midi yang sangat buruk pada komputer yang sangat payah di kamar, semuanya direkam dengan vokal sangat lembut karena saat itu orang tua saya tidur tepat di lantai atas”,demikian ucapan Forrest. Atas dorongan seorang teman, dia menguploadnya ke internet (MP3.COM) dan kemudian mendapati lagu mereka banyak di-download. Selanjutnya, cerita berlanjut indah bagi mereka.

Hellogoodbye

Bagi kalian yang gemar membuat lagu cuma dengan sekedar menggunakan gitar akustik kualitas rendah, atau memanfaatkan software komputer pengolah musik, mengapa tidak mencoba untuk meng-upload karya kalian di Internet, agar orang dapat mendengarnya? Juga kalian yang suka dengan desain grafis atau gambar, coba saja untuk memajangnya, siapa tahu ada orang yang kemudian tertarik untuk menggunakan jasa kalian, atau mengajak kerjasama membangun suatu usaha.

Kalian masih belum bergerak? Mulailah dari sekarang. Mulai saja dengan sedikit mengorbankan waktu tidur di malam hari, atau waktu untuk bermain game, dan mulailah membuat sesuatu. Percayalah, ini sangat bermanfaat.

 
Ingin membuat musik? Mungkin kalian bisa memulainya dengan merekam suara kalian dengan diiringi gitar akustik menggunakan headphone (Headset+Microphone) KW 2 yang hanya seharga 35 ribu, dan kemudian mengolahnya dengan software pengolah musik gratisan, yang mudah di-download di internet.

Suka desain? Kenapa kalian tidak mulai membuat desain kalian sendiri? Mungkin awalnya hanya berupa gambar acak kadut yang tak jelas makna dan filosofinya. Tapi, who knows what happened next? Practice makes perfect,boss!! 

Suka film? Make your own movie with your community!! Dan lainnya, apapun yang kalian suka, mulailah untuk berkarya!! Ekspresikan diri kalian!! Wujudkan yang ada di otak kalian,apapun itu..!!
 
Banyak jalan menuju Roma, banyak juga jalan agar karya kalian, APAPUN ITU, dilihat dan dinikmati orang banyak. Yang terpenting kalian mulai melakukannya, apapun itu. Just make what’s on your mind. Setelah itu, baru pikirkan jalan untuk mempublikasikannya.


Saat ini, Internet mungkin media yang paling mudah untuk mempublikasikan karya kalian. Banyak situs yang menawarkan file hosting gratis, yang bisa kalian manfaatkan untuk memajang karya kalian, tanpa biaya sama sekali. Beberapa diantaranya yang populer dan bisa langsung kalian coba, seperti Media Fire untuk file hosting, Mp3.com atau last.fm untuk musik, Youtube.com untuk video, blogspot.com, wordpress.com, atau multiply.com yang menawarkan blogging gratis, dan masih banyak yang lainnya.

Sebuah Gig Lokal

Selain internet, banyak juga media lain yang potensial untuk memulai langkah kalian. Radio lokal, Gigs, zine, atau mungkin local event yang kalian buat sendiri dengan komunitas kalian. It’s up to you. You rule yourself, That’s the point of indiependent!! 

Kalau ternyata kemudian karya kalian kurang disukai orang, dan kurang mendapat respon, ouww, nevermind. At least you try!! Tapi sebaliknya, jika kemudian banyak orang diluar sana yang menyukainya, dan akhirnya banyak yang men-download? Ouww, yeahh, buddy..!! Mission Accomplished!! Kita tidak akan pernah tahu kala tidak mencobanya, bukan? You’ll never know if you don’t go, you’ll never shine if you don’t glow.. 

Satu hal lagi, jangan cuma mengekor apapun yang sedang tren, supaya disebut keren, tanpa tahu alasan buat apa kalian melakukan itu semua. Just be yourself!! Tidak perlu jadi orang lain supaya dianggap keren! Tak perlu memaksakan diri untuk menyukai sesuatu yang tidak kalian suka. Justru kalo seperti itu, sama saja kalian terbawa arus, tanpa tahu what the roots! 

Akhir kata, jangan pernah menjadikan uang sebagai landasan utama atas apa yang kalian lakukan. Kalau seperti itu, apa bedanya dengan kaum kapitalis? 

C’mon dude!! Mari mulai bergerak, sekecil apapun..
Bring your mind into reality!!

Do you got what i mean??
If yes, let’s say this with me : INDIEPENDENT GO..!!
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. you-know-who28 Juni 2012 23.06

    Nice artikel..
    Berkarya tidak harus melalui jalur major..!!

    Hidup Indie..!!

    BalasHapus
  2. Yoyoi mas bro Voldemort.. :p

    Indiependent go...!!!

    BalasHapus